Cara Mengecilkan Kista saat Hamil

Cara Mengecilkan Kista saat Hamil
Cara Mengecilkan Kista saat Hamil

Kista ovarium adalah jenis kista yang sering muncul pada masa kehamilan. Saat ini, banyak wanita hamil tahu bahwa mereka memiliki kista ovarium, yang telah menyebabkan banyak efek psikologis pada wanita.

Jadi, apa itu kista ovarium?

Kista ovarium adalah jenis tumor jinak yang dapat terjadi pada wanita dari segala usia. Meskipun sebagian kasus tidak berbahaya, namun wanita tidak boleh meremehkan ataupun mengabaikan gejala penyakit ini.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki kista ovarium?

Kista ovarium pada tahap awal tidak memiliki manifestasi yang jelas, sehingga mereka biasanya ditemukan secara kebetulan ketika wanita melakukan pemeriksaan ginekologi. Beberapa kasus mungkin muncul tanda-tanda seperti pendarahan vagina yang abnormal, gangguan menstruasi, nyeri panggul (perut bagian bawah dan dua panggul) yang terus menerus atau sebentar-sebentar, menyebar ke belakang atau menyebar ke dua paha, sakit selama hubungan intim, muntah, mual. Jika kista besar, mudah untuk menyebabkan penekanan dubur atau kandung kemih, sehingga mengganggu buang air kecil.

Namun, harus dicatat bahwa gejala-gejala ini mungkin merupakan gejala dari kondisi lain seperti penyakit ginekologis (peradangan, fibroid) atau tumor penyakit perut lainnya. Jadi ketika ada tanda-tanda abnormal, wanita harus pergi ke dokter.

Apakah wanita hamil didiagnosis dengan kista ovarium berbahaya?

Selama kehamilan ada dua jenis kista ovarium yaitu folikel luteal dan folikel patologis.

Kapsul corpus luteum : Karena perubahan hormon hormonal selama kehamilan, folikel fisiologis, biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 12 minggu kehamilan, beberapa kasus folikel besar dapat menyebabkan nyeri perut atau komplikasi perdarahan pada folikel atau Kista heliks, kista ovarium memiliki efek negatif pada janin dan ibu. Karena selama kehamilan, jika kista indung telur memutar telur bengkok, kista yang pecah mudah menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur, bahkan tumor nekrotik menyebabkan kematian ibu.

Selain itu, kista ovarium juga dapat menyebabkan infertilitas jika ovarium benar-benar hancur. Dalam beberapa kasus, pasien hamil dengan ovarium terinfeksi, folikel berkembang dengan buruk, menyebabkan keguguran. Di sisi lain, kista ovarium dapat mengganggu perkembangan janin di dalam rahim. Jadi wanita harus melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur untuk mendeteksi tumor lebih awal.

Apakah ada cara mengobati kista ovarium selama kehamilan?

Biasanya, kemunculan kista saa hamil tidak perlu diobati, namun dalam beberapa kasus, tumor bisa terus membesar dan ada risiko keguguran atau komplikasi pendarahan pada folikel kistik. Jadi, pengobatan kista sebaiknya tetap dilakukan.

Bagaimana kista ovarium mempengaruhi janin?

Jika pasien memiliki kista ovarium saat sedang hamil, itu dapat mempengaruhi perkembangan janin seperti peningkatan risiko keguguran karena tumor besar yang dapat menekan rahim, yang akan merangsang rahim untuk menyebabkan kontraksi. , atau kelainan sekresi hormon.

Selain itu, kista ovarium mencegah janin untuk menyesuaikan diri dalam rahim. Biasanya, pada bulan ke 7 atau 8, kepala janin harus diputar ke bawah untuk memudahkan keluar saat lahir. Jika tumornya besar, ia bisa masuk ke dalam rahim, memeras rahim ke dinding perut sehingga janin tidak bisa berbalik, menyebabkan kelahiran yang sulit.

Selama kehamilan, itu juga mempengaruhi kista ovarium dengan buruk. Saat tidak hamil, tumor biasanya berada dalam bingkai. Namun saat hamil, rahim secara bertahap mendorong tumor ke perut. Usus bergerak menyebabkan tumor menjadi bengkok, menyebabkan darurat medis dan membutuhkan operasi segera.

Jadi saat hamil dengan kista ovarium, apa yang harus kita perhatikan?

Ketika kista ovarium terjadi saat sedang hamil, harus diperiksa dari bulan pertama untuk diuji, termasuk USG untuk mendeteksi kista. Jika tumor bengkok, operasi harus segera dilakukan. Jika tumor tidak bengkok, operasi dapat dilakukan di pertengahan 3 bulan karena kehamilan relatif stabil, dengan kegagalan operasi yang lebih sedikit.

Selama kehamilan atau pascapersalinan, jika Anda mengalami sakit perut, Anda harus segera mencari perawatan medis sehingga jika kista terpelintir, Anda akan dirawat dengan baik dan segera.

Bagaimana cara mencegah kista ovarium?

Jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan, obesitas, dan diet yang tidak seimbang adalah faktor risiko yang dapat menyebabkan kista ovarium.

Pemeriksaan ginekologis tahunan atau 6 bulan sekali adalah salah satu cara terbaik bagi wanita untuk segera mendeteksi dan mengobati kista ovarium dini. Salah satu kemungkinan penyebab infertilitas adalah kista ovarium. Karena semakin dini kista ovarium terdeteksi, semakin kecil kemungkinannya untuk mempengaruhi ibu hamil.

Obat untuk membantu mengecilkan kista saat hamil

Apabila anda sedang mencari pengobatan kista ovarium saat sedang hamil, anda dapat mencoba mengonsumsi qnc jelly gamat. Qnc jelly gamat adalah obat herbal yang mampu membantu mengatasi kista ovarium secara alami. Obat herbal ini juga aman dikonsumsi oleh wanita hamil, karena tidak mengandung bahan kimia dan sudah memiliki leglitas resmi dari BPOM.

Cara Mengecilkan Kista saat Hamil

Nama : Bripka nugroho / Ibu Enno
Umur : 33 th
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
Alamat : Jl. Menteng raya asrama polisi pasarmerah Kec. Medan denai Kel.binjai Medan
Riwayat Penyakit Kista.

Assalamualaikum

Saya ibu enno dari medan, usia 33th Selama 2th sy mengalami sakit perut bagian bawah seperti ditusuk2 hingga sampai ke anus sakitnya.

Saat sebelum menstruasi sy pasti merasakan sakit yg luarbiasa hebatnya. jalan jg sampai bungkuk sembari tangan memegang perut bagian bawah yg sakitnya luarbiasa. saat mens jg sprti itu. tiap malam sy bergadang menangis menahan kan sakit nya perut saya seperti di iris2 saat sedang menstruasi. Saya pikir hny sakit2 saat mau dtg bulan saja sprti kbykan wanita biasa nya.

Lalu pd tgl 27 des 2016 saya dn suami ke dokter kandungan memutuskan utk program hamil anak ke dua krn umur anak sy pd saat itu sudah 7th.

Sy terkejut kecewa sedih saat dokter memvonis sy tdk bs hamil dikarenakan hsl usg sy dinyatakan ada kista 4,3 cm. Saya dan suami terkejut dan sedih krn kami berencana program hamil.

Akhirnya dokter menyarankan saya operasi. Saya menolak nya krn biaya yg mahal dan sy takut dioperasi.

Akhirnya dokter kasi saya solusi utk suntik zoladex dengan hrg 1,5juta utk sekali suntik. Dan dilakukan sebulan sekali guna mengurangi ukuran kista nya.

3 bulan berturut2 saya keluarkan biaya 1,5 juta berharap kista saya mengecil. 3 bulan kemudian tepatnya Tgl 31 maret 2017 saya kembali usg ke dokter berharap kista saya mengecil.

Ternyata kista saya tdk mengalami pengecilan mlh semakin bertambah menjadi 4,5cm. Saya menangis dihadapan dokter kecewa krn uang berjuta2 tdk berhasil mengurangi kista saya.

Akhirnya dokter sarankan saya operasi, saya menolaknya lagi.

Lalu dokter hanya memberi saya obat pereda nyeri kalau perut saya sakit.

Selama 3 bulan saya hanya konsumsi obat nyeri.tgl 19 juli 2017 sy berobat lagi ke dokter krn sy merasakan sakit perut dibagian bawah yg sangat hebat hingga saya tdk mampu berjalan lagi.lalu dokter menyarankan saya operasi pd saat itu dan lagi-lagi saya menolak karena saya masih yakin kista saya bisa sembuh tanpa operasi.

Dokter lalu memberikan saya obat penghilang nyeri.

2 minggu kemudian sy ketemu temen saya yg berhasil berkurang penebalan dinding rahimnya karena konsumsi qnc jelly gamat.

Saya diberi tau nmr hp nya Dan tgl 4 agustus sy order 2 botol itupun saya baru bayar separuh dan dilunasi stlh barang sampai. Lalu langsung saya konsumsi qnc jelly gamat Sehari 2 x 2sendok takar.

Alhamdulillah baru setengah botol perut saya sudah tdk pernah merasakan nyeri sehari2 lagi dan sy bs berjalan normal tnp sakit.saat sblm mens dan mens tiba perut saya jg tdk sakit lagi.

Dan tgl 31 agustus sya pesan 2 botol lagi sy konsumsi dan hslnya saya dapat melakukan kegiatan sehari2 saya bisa berjalan dengan lancar saya bisa mencuci, menyapu, mengepel yg sebelumnya saat sakit semua tidak bisa saya kerjakan.

Lalu tgl 22 sept saya pesan 2 botol lagi Dan ini udah botol ke 6 saya konsumsi QNC JELLY GAMAT berat badan saya jg naik 12 kilo dan kulit tubuh dan wajah jadi lebih fresh.

Setelah abis 6 botol pd tgl 17 nov saya memutuskan ke dokter lagi utk usg apakah kista sy msh ada atau tidak.

Hasil Pemeriksaan USG pertama : Kista 4.3 cm

Cara Mengecilkan Kista saat Hamil

Hasil Pemeriksaan USG setelah pemakaian 6 btl qnc : kista bersih

Cara Mengecilkan Kista saat Hamil

Qnc jelly gamat tidak dijual diapotek manapun dan kami selaku distributor resmi tidak menjualnya secara bebas. Tujuannya untuk menjaga kualitas dan keaslian produk agar bisa terjamin hingga ke tangan anda. Baca selengkapnya disini: Qnc jelly gamat

Baca juga: Cara mengobati kista bartholin secara alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *